Hama Penyakit Tanaman Murbei

 Hama Penyakit Tanaman Murbei.Tanaman murbei yang umumnya ditanam di Indonesia adalah Morus multicaulis, M.cathayanadan M. Nigra. Daun tanaman murbei merupakan makanan pokok ulat sutera (Bombyx mori).Hama yang banyak menyerang pucuk daun murbei adalah :

Puding Lapis Vanilla Murbei


a.Glyphodes pulverulentalis

Serangga ini termasuk ordo Lepidoptera. Ulatnya lebih menyukai daun tanaman murbei

M.multicaulis karena daunnya lebih lembut dibandingkan dengan varietas yang lain. Kerusakan terjadi pada tanaman murbei di persemaian dan di lapangan terutama 2 bulan setelah pangkas. Siklus hama ini kurang lebih 25 hari, larva berwarna hijau bening, kepala coklat dan setelah dewasa menjadi coklat kemerah-merahan. Umur larva 8 – 10 hari, ulat yang baru menetasakan memakan daun yang masih lunak sedangkan ulat instar IV memakan jaringan daun, akibatnya daun berubah menjadi coklat transparan dan meninggalkan kotoran hitam. Kerusakan terjadi diantara musim hujan dan awal musim kemarau.Sebelum menjadi pupa, ulat menggulung daun yang dimakannya dengan mengeluarkan serat dan membuat kokon didalamnya. Umur pupa 7 hari kemudian berubah menjadi ngengat, panjang badan 10 mm, sayap berwarna coklat dengan bintik- bintik kelabu 

b.Kutu daun, Mealy Bug (Meconellicoccus hirsutus)


 

Serangga ini termasuk ordo Hemiptera, mengalami metamorfosa tidak sempurna, badannya ditutupioleh tepung putih. Siklus hidup kira-kira 35 hari, nimpha dan dewasa mengeluarka nembun madu yangmenyebabkan semut berdatangan atau embun tersebut dapat menjadi media tumbuh cendawanSeptobasidium dan diikuti dengan cendawan (Corticidium) yang berwarna hitam.Kutu ini merusak daun,kuncup dan tunas muda dengan menghisap cairan, sehinggapertumbuhan pucuk terhalang atau terhenti. Daunmengkerut, keriting dan berubah bentuk.Pertumbuhan tunas terhenti, kuncup daun membengkak, ruasantara pucuk daun menjadi pendek yang mengakibatkan cabang membengkak tidak dapat berkembang sertamudah patah BalaiPersuteraan Alam Sulawesi Selatan, 1996).

 

c.Kutu batang (Psedaulacapsis pentagona)Serangga ini termasuk ordo Hemiptera, menyerang tanaman murbei yang terlindungi olehpohon- pohon besar atau karena kondisi lembab. Bentuk nimpha dan dewasa terdapat padacabang atau batang,menghisap cairan tanaman menyebabkan kulit cabang atau batang menjadiputih keabu-abuan. Jika serangancukup berat akan menyebabkan kematian tanaman  


d.Hama breng/Kutu kebul (Bemisia myricae)Serangga ini termasuk ordo Hemiptera, family: Aleurodidae, banyak ditemukan di bawah permukaan daun. Serangan serangga ini banyak terjadi pada bulan Mei dan Juni. Bentuk nimpha dan dewasamenusuk cairan daun dan meninggalkan sekresi berupa embun madu yang menyebabkan daun berwarna


 

hitam karena pada embun tersebut tumbuh cendawan jelaga (F.A.O., 1988). Daun murbei yang telah diisapcairannya baik oleh kutu daun dan kutu kebul tidak dapat digunakan sebagai pakan ulat sutera karena bilatermakan akan mengakibatkan ulat sutera sakit dan mati.Berbagai jenis penyakit yang menyerang tanaman murbei adalah :a.

 

a.Penyakit Tepung disebabkan oleh dendawan (Phylllactinia moricola).

Penyakit ini menyerang daun dengan muculnya bintik-bintik putih atau keputih-putihan padabagian bawah daun kemudian menyebar pada permukaan daun seperti tepung putih.Biasanyamenyerang daun yang telah dewasa (Balai Persuteraan Alam Sulsel, 1996). b.

 

b.Penyakit Bintik Daun oleh cendawan (Sirosporium mori).Penyakit ini menyerang permukaan bawah daun ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil berwarna hitam, menyebar dan akhirnya seluruh bagian bawah daun menjadi hitam.c.

 

c.Penyakit Plasta (Septobasidium bogoriensi).Pada cabang muncul bintik-bintik kecil yang lama-kelamaan meluas melingkari cabang.Bintik penyakit ini berwarna kelabu, muncul pada cabang dan batang terlihat seperti plesteryangditempel, permukaannya licin. Selanjutnya bagian tengah berubah menjadi warna coklattua danretak. Serangan penyakit ini bersimbiose dengan serangan kutu batang terutamaberkembang pada jelaga yang dikeluarkan oleh kutu tersebut (Balai Persuteraan Alam Sulsel,1996).

sekian dan terima kasih sudah membaca  Hama Penyakit Tanaman Murbei. silahkan lihat lihat blog saya yang lainya 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ciri ciri tanaman murbei ( Morus Nigra)

manfaat daun murbei untuk kesehatan

klasifikasi tentang tanaman murbei