klasifikasi tentang tanaman murbei

 klasifikasi tentang tanaman murbei. pohon murbeo atau jug adisebut mulberry merupakan jenis tumbuhan yang unik dan mempunyai karakteristik, yaitu salah satu nya dilihat dari bentuk buah dan warna nya.  tanaman ini juga berasal dari china pada bagian utara dan telah menyebar ke berbagai negara di sekitar nya. murbei merupakan tanaman yang dapat beradaptasi sehingga dapat dibudidaya kan di negara tropis dan juga suptropis. 

klasifikasi tentang tanaman murbei


tanaman murbei mempunyai nama marus alba yag termasuk kelompok berry. pada umum nya tumbuhan murbei ini di manfaatkan untuk pakan budidaya ulat sutra namun setelah itu ada banyak manfaat yang bisa diambil dari berbagai bagian tanaman yang berumur pendek ini.

berikut ini klasifikasi tentang tanaman murbei

taksonomi

murbei adalah jenis tumbuhan perdu dengan sistem klasifikasi ilmiah sebagai berikut :

1. kingdom : plantae

2.filum      : tracheophyta

3. kelas      : magnoliopsida

4. ordo       : rosales

5.famili    : moraceace

6.genus     : morus

7. spesies : morus alba

asal

pohoh murbei atau juga disebut mulberry adalah tumbuhan asli dari china wilayah utara dan juga tumbuh di negara sekitarnya. tetapi juga tidak hanya berasal dari china atau kawasan asia, terdapat variasi flora genus morus yang berasal dari afrika dan amerika. saat ini tumbuhan murbei telah banyak di temukan di berbagai negara khususnya dengan iklim tropis dan juga suptropis.

sebaran

mayoritas murbei berasal dari kawasan asia terkhususnya wilayah china kemudian menyebar ke korea,jepang, india, dan juga mongolia. tumbuhan ini juga terkenal di indonesia salah satu nya murbei di desa andaleh kecamatan batipuh, kabupaten tanah datar sumatra barat yang usia nya telah mencapai lebih dari 120 tahun.tanaman ini juga memiliki banyak spesies bahkan diperkirakan mencapai 100 jenis spesies.

akan tetapi tidak semua jenis murbei dapat tumbuh di berbagai habitatnya karena hanya beberapa jenis saja yang memiliki kemampuan beradaptasi pada rentang yang luas.misal nya di kawasan asia timur spesies murbei yang tumbuh ialah morus alba di kawasan afrika tengah dan afrika selatan yaitu morud indignis dan di amerika utara adalah morus rubra.

sekian dan terima kasih sudah membaca dan berkunjung klasifikasi tentang tanaman murbei.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ciri ciri tanaman murbei ( Morus Nigra)

manfaat daun murbei untuk kesehatan