ciri ciri tanaman murbei ( Morus Nigra)

 ciri ciri tanaman murbei ( Morus Nigra). murbei, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan buah ini bukan! murbei atau juga dikenal dengan nama arbei merupakan tanaman buah perdu yang memiliki buah menyurupai strawberry namun terdiri dari butiran buah yang membentuk. murbei atau juga disebut mulberry adalah spesies tanaman dari kelurga moraceae, asli dari asia barat daya. pohon nya sendiri telah di budidayakan sejak jaman kuno karena buahnya yang dapat dimakan.

ciri ciri tanaman murbei ( Morus Nigra)


pohon murbei ini diperkirakan berasal dari daerah pegunungan mesopotamia dan persia. namun sekarang telah tersebar luas di seluruh afganistan, irak, iran, india, pakistan, suriah, lebanon, yordania, palestina dan turki. di turki pohon ini di sebut dengan nama shahtoot, di arab syarajat tukki dan di negara berbahasa inggris di sebut blackberry atau juga wild blackberry.

pohon murbei lain kadang kadang di bingungkan karena ada dua jenis spesies murbei yang tumbuh di dataran indonesia. yaitu murbei hitam  dan murbei putih. tapi keduanya dapat di bedakan. murbei hitam memiliki permukaan daun bagian bawah yang berbulu sedangkan murbei putih tidak berbulu. murbei hitam telah lama di budidayakan buahnya yang dapat di makan. saat ini tanaman murbei di naturalisasikan di sebagian besar eropa termasuk ukraina. 

ciri ciri daun murbei

Daun murbei memiliki panjang 10-20 cm, lebar 6-10 cm, permukaan bawah daunnya kasar dan berbulu.

2.Ciri Ciri Buah Murbei

Buah murbei sepanjang sentimeter 2 sampai 3 cm, berbentuk cluster, terbentuk dari beberapa drupe kecil, rasanya mirip dengan murbei merah (Morus rubra) tetapi tidak seperti buah murbei putih (Morus alba) yang rasanya hambar.

3.Ciri Ciri Pohon Murbei

Pohon murbei dapat tumbuh setinggi 10 sehingga 15 meter di alam liar. Ia biasa ditemukan tumbuh meliar di area yang berdekatan dengan sumber air seperti tepi sungai, rawa, dan sawah.

Selain sebagai tanaman penghasil buah, murbei juga menjadi pohon yang sering ditanam dan dipelihara untuk dijadikan tanaman hias pekarangan dan pohon bonsai.

sekian dan terima kasih sudah membaca dan berkunjung ciri ciri tanaman murbei ( Morus Nigra).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

manfaat daun murbei untuk kesehatan

klasifikasi tentang tanaman murbei