cara menanam tanaman murbei menggunakan pot

cara menanam tanaman murbei menggunakan pot. murbei, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan buah ini bukan! murbei atau juga dikenal dengan nama arbei merupakan tanaman buah perdu yang memiliki buah menyurupai strawberry namun terdiri dari butiran buah yang membentuk koloni.murbei jarang ditemukan di toko, sehingga tumbuh sendiri,sebagian besar adalah salah satu cara anda bisa menikmati makanan lezat. selain makanan enak ini pohon bisa membuat fitur arsitektur.

cara menanam tanaman murbei menggunakan pot


selain mempunyai rasa yang enak. buah murbei juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho. diantaranya mencegah perkembangan sel tumor, mengobati sariawan, mencegah kanker, mencegah penyakit liver, mengobati tifus dan masik banyak lagi.

dalam hal membudidayakan nya buah murbei cukup mudah tumbuh dan tidak membutuhkan lahan dengan kriteria khusus. anda pun bisa menanamnya dipot atau tabulampot. untuk mencoba menanam murbei dalam pot. hal yang pertama yang akan anda butuhkan pastinya adalah bibit. bibit murbei dapat anda peroleh melalui stek.sering kali orang langsung menanam pohon buah atau semak di pot yang besar, itu hal yang tidak tepat.  carilah posisi murbei menerima sinar matahari untuk tumbuh dan berbuah. gunakan tanah pot kaya lumpur dan di keringkan dengan baik yang ada sedikit asam atau put netral dalam ph. pohon murbei lebih memilih tanah yang subur dan kaya akan kompos dan pupuk kandang.

berikut adalah menyiapkan media tanam, media tanam murbei terdiri dari campuran tanah, kompos, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 2 : 1 : 0 , 5 : 0 , 5.  seluruh media dicampurkan menjadi homogen. kombinasi itu menjamin media porous sehingga murbei dapat tumbuh dengan subur.

langkah selanjut nya yang harus anda lakukan ialah membuat ajirsebagai tempat murbei merambat sekaligus membentuk tanaman murbei rimbun. ajir biasanya terbuat dari banbu. anda bisa merangkai bambunya melingkar mengelilingi pot. tinggi ajir dapat disesuaikan dengan tinggi murbei . biasanya tinggo ajir sekitar 60 cm. untuk perawatan nya anda cukup memberikan pupuk npk seimbang dengan pupuk guano saban 2 bulan dosis masing masing 2 sdm.

sekian dan terima kasih sudah membaca dan berkunjung cara menanam tanaman murbei menggunakan pot.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ciri ciri tanaman murbei ( Morus Nigra)

manfaat daun murbei untuk kesehatan

klasifikasi tentang tanaman murbei